Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaNasionalPemerintah

Pemerintah Indonesia Mengirimkan Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina: Tahap Pertama Sudah Berangkat

5414
×

Pemerintah Indonesia Mengirimkan Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina: Tahap Pertama Sudah Berangkat

Sebarkan artikel ini

Bantuan tahap pertama terdiri atas barang-barang yang telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Palestina di Gaza, antara lain penjernih air minum.

Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangannya usai melepas bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk Palestina di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangannya usai melepas bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk Palestina di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta. Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr

Headline.co.id (Jakarta) ~ Presiden Joko Widodo dengan tegas melepaskan tahap pertama bantuan kemanusiaan untuk Palestina pada Sabtu ini, 4 November 2023. Bantuan tersebut dilepas secara langsung dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sebagai tanda dukungan kuat Indonesia kepada rakyat Palestina dalam mengatasi tantangan kemanusiaan yang mereka hadapi.

Baca juga: Taipei International Tourism Fair 2023: Indonesia Tawarkan Keajaiban Destinasi Wisata

Pemerintah Indonesia merespons dengan cepat tingginya antusiasme masyarakat Indonesia untuk membantu saudara-saudara mereka di Palestina. Presiden Jokowi menyampaikan, “Ini kita melihat bahwa antusias masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, dunia usaha ini banyak sekali yang ingin menyalurkan bantuannya sehingga ini akan kita koordinasi karena masuknya ke sana juga tidak mudah. Kalau pemerintah itu lebih gampang sehingga kita terbuka dan kita harapkan nanti tahap kedua sesegera mungkin.”

Bantuan tahap pertama, seberat 21 ton, diberangkatkan menggunakan dua pesawat TNI AU pada hari ini, sedangkan sisa 30 tonnya akan dikirim melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta esok hari (05/11/2023) menggunakan pesawat kargo. Bantuan ini akan tiba di Bandara El Arish, Mesir, setelah melewati Jeddah, Arab Saudi.

Baca juga: Kementerian Agama dan Nahdlatul Ulama (PBNU) Berkolaborasi untuk Memperkuat Gerakan Keluarga Maslahat

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa bantuan tersebut terdiri dari barang-barang yang telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Palestina di Gaza, termasuk penjernih air minum, alat-alat medis, obat-obatan, dan bahan-bahan makanan.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, juga memberikan penjelasan tentang pengiriman bantuan ini. Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansuri akan mengomandoi pengiriman bantuan tahap pertama dan akan berangkat bersama dua pesawat pengangkut bantuan. Untuk tahap kedua, Menlu Retno Marsudi menyatakan bahwa pemerintah sedang mempersiapkannya, termasuk peralatan kesehatan yang besar untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Palestina yang sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Baca juga: Taipei International Tourism Fair 2023: Indonesia Tawarkan Keajaiban Destinasi Wisata

Menlu Marsudi juga mengungkapkan bahwa sejumlah peralatan medis saat ini sedang dipesan karena stoknya tidak tersedia. Setelah barang-barang tersebut tersedia, mereka akan segera dikirimkan bersama dengan bantuan lainnya pada pengiriman tahap kedua.

Inisiatif Pemerintah Indonesia ini menunjukkan komitmen yang kuat untuk mendukung rakyat Palestina dalam menghadapi situasi yang sulit dan memperkuat hubungan antara kedua negara. Semoga bantuan kemanusiaan ini dapat memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan kepada saudara-saudara kita di Palestina.

Baca juga: Presiden Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wisata Pulau Tidung Kepulauan Seribu
Wisata & Kuliner

Tips Wisata Pulau Tidung Untuk Refleksi Diri ~ Headline.co.id (Wisata). Ada beberapa hal yang dapat dijadikan alasan mengapa Pulau Seribu dijadikan sebagai tujuan wisata. Selain itu juga ada beberapa alasan…